6 Tips Aman Sebelum Mengambil Pinjaman Di Bank

Posting Komentar

 



Apakah saat ini kamu berencana untuk melakukan peminjaman uang kepada bank? Jika ya kamu perlu memikirkannya secara matang – matang. Banyak orang berfikir untuk meringankan beban keuangan solusinya adalah mengambil pinjaman kepada bank. Tetapi hal tersebut justru akan menambah beban keuangan kita, jika kamu tidak memperhuitungkannya secara tepat. kamu perlu mengetahui kapan arus pemasukan kamu, sehingga kamu dapt membayarkan pinjaman secara tepat tanpa terkena bunga dan denda yang tinggi. Untuk itu simak penjelasan tentang 6 tips aman sebelum mengambil pinjaman di bank berikut ini !


1. Pertimbangkan Tujuan Berhutang kamu

Orang mengambil pinjaman kepada bank pasti memiliki suatu tujuan, namun yang menjadi pertimbangan disini adalah apakah tujuan berhutang itu produktif atau tidak. Pinjaman yang kamu lakukan dapat dikatakan produktif apabila kamu mengambil pinjaman tersebut untuk memulai suatu usaha yang nantinya hutang tersebut dapat lunas dengan keuntungan yang kamu dapat. Sebaliknya, dikatakan hutang tidak produktif jika pinjaman yang kamu ambil hanya untuk konsumsi sendiri. Pastikan bahwa hutang kamu tergolong produktif karna hutang yang tidak produktif akan semakin menambah beban finansial kamu.

Namun, jika kamu tetap menginginkan mengambil sebuah pinjaman untuk keperluan yang mendesak pastikan kamu dapat membayar angsurannya sebelum bunga semakin tinggi.


2. Pendapatan dan Pengeluaran Perbulan

Apakah pendapatan kamu telah memenuhi syarat untuk mengambil Kredit Tanpa Anggunan dari Bank? Jika ya jangan langsung terburu – buru untuk mengambil pinjaman, perhitungkan dulu pendapatan dan pengeluaran kamu dalam sebulan. Apakah cukup untuk membayaran cicilan pinjaman kamu. Perlu diingat bahwa maksimum dana yang dikeluarkan untuk membayar hutang dan cicilan adalah 30% dari pendapatan kamu.

Ambil saja contoh kamu memiliki gaji sebesar sepuluh juta rupiah perbulan maka maksimum dana yang dapat kamu keluarkan untuk membayar hutang adalah tiga juta rupiah. Hal ini berguna untuk menjaga agar system keuangan kamu efisien, kamu perlu menyisahkan pendapatan kamu untuk keperluan sehari – hari dan menabung bukan?


3. Pahami Penawaran yang Ditawarkan Bank

Penting sekali bagi kamu untuk memahami jenis – jenis pinjaman yang ditawarkan bank. Jangan sampai kamu tergesa – gesa dalam menkamutangani kontrak tanpa mengetahui keuntungan dan kekurangan penawaran tersebut. Jika kamu belum memahami jenis – jenis pinjaman dan istilahnya, jangan ragu untuk menanyakan kepada pihak bank. Jangan sampai ada kesalah pahaman yang menimbulkan masalah besar dikemudian hari.


4. Bandingkan Penawaran Antar Bank

Sebelum kamu mengambil pinjaman pada bank tertentu sebaiknya kamu bandingkan terlebih dahulu penawaran – penawaran antar bank satu dengan yang lainnya. Terkadang ada bank yang memberikan penawaran dengan bunga yang lebih kecil, biaya dministrasi rendah, hingga jangka waktu pengembalian yang lebih panjang. Pastikan untuk mempertimbangkan keunggulan dan kelemahan penawaran yang di berikan bank tersebut.


5. Perhatikan Resiko Pinjaman

Setiap kita mengambil sebuah keputusan tentu saja ada resiko – resiko yang harus dihadapi, sama halnya dengan pinjaman. Adapun resiko yang harus dihadapi saat mengambil pinjaman yaitu kematian pemilik hutang dan turunnya nilai agunan atau asset yang menjadi jaminan. Ketika pemilik hutang meninggal misalnya, mau tidak mau anak dan sanak keluarga orang tersebut akan mewarisi hutang – hutangnya. Namun, hal ini dapat diatasi dengan menggunkan asuransi jiwa, menyiapkan dana khusus dan menyiapkan strategi ahli waris.


6. Gunakan Secara Bijak dan Segera Dibayarkan

Pinjaman bukan merupakan tambahan dana untuk membantu memenuhi gaya hidup kamu. jangan sampai kamu menyalahgunakan pinjaman untuk berbelanja hal – hal yang bukan merupakan kebutuhan mendesak. Segera bayarkan pinjaman kamu, bayar cicilan kamu dengan tepat waktu agar tidak dikenai bunga dan denda yang tinggi.

Itu tadi beberapa tips yang dapat kamu terapkan sebelum mengambil pinjaman di bank. Pertimbangkan dan rencanakan dengan matang sebelum kamu mengambil keputusan. Karna hutang yang menumpuk akan menyulitkan kamu dikemudian hari. Semoga informasi ini dapat bermanfaat dan membantu kamu.

Nuan Tenang
Berbagi ilmu berdasar pengalaman pribadi. Investasi aset digital itu penting. https://www.nuantenang.com/

Related Posts

Posting Komentar