9 Tips Cerdas Membangun Rumah Idaman

Posting Komentar


Ada dua cara untuk mempunyai sebuah rumah idaman, pertama, membeli rumah yang sudah jadi dari developer, atau membangun rumah sendiri dari awal. Jika kamu memutuskan untuk membangun sendiri dari awal, hal ini bukan lah mudah, karena untuk mendapatkan rumah yang sesuai dengan selera dan impian kita, harus mempertimbangkan 2 faktor penting yaitu faktor kebutuhan dan faktor anggaran dan menyeimbangkan kedua faktor tersebut dengan sebuah perencanaan. Berikut ini 10 tips cerdas untuk membangun rumah idaman kamu :


1. Tentukan Gaya Desain Rumah kamu

Hal pertama yang harus kamu lakukan dalam membangun rumah adalah menentukan gaya desain sebuah rumah. Sekarang banyak gaya desain rumah yang ditawarkan para arsitek, misalnya desain minimallis, desain modern, desain eropa, desain kontemporer  dan sebagainya.


2. Buatlah Daftar Desain Rumah kamu

Ketika membuat daftar dari desain rumah kamu, mulailah dari hal yang paling dasar seperti jumlah kamar tidur, jumlah kamar mandi, jumlah ruang keluarga, pilihan ruang makan formal atau semi formal, desain teras, ukuran garasi, desain plafon rumah dan lain sebagainya, termasuklah desain exterior dari rumah idaman kamu misal taman depan dan taman belakang.


3. Konversikan Daftar Desain Rumah Menjadi Anggaran Keuangan

Setelah daftar desain rumah kamu selesai, bandingkan dengan anggaran keuangan yang kamu punya, hal ini biasanya sangat sulit karena rata-rata biasanya ekspektasi desain rumah kita melebihi anggaran yang tersedia, hal ini sering terjadi pada orang yang baru pertama kali membangun rumah. Hal ini bisa kamu atasi dengan berkonsultasi dengan arsitek atau orang yang lebih berpengalaman dalam pembangunan rumah. Cobalah untuk survey harga bahan material di toko bangunan.


4. Sesuaikan Desain Rumah dengan Kondisi Tanah kamu

Setiap tanah itu unik, maksudnya adalah setiap lokasi tanah atau lahan memiliki karakteristik yang berbeda-beda. Akan lebih bijaksana jika kamu menyelaraskan desain rumah kamu dengan kondisi tanah yang akan dibangun.


5. Maksimalkan Efisiensi Ruangan kamu

Ketika memetakan desain ruangan lantai kamu, desainlah secara logis. Berikut beberapa hal yang perlu kamu pertimbangkan dalam proses ini :

  • Desain akses langsung ke dapur dari garasi
  • Desain semua pipa kamu dalam satu area, hal ini untuk mengurangi jarak pipa
  • Tempatkan ventilasi pemanas dan sistem pendingin udara secara sentral, yang memungkinkan untuk keseimbangan suhu yang lebih baik di seluruh rumah kamu
  • Kamar Tidur harus diisolasi untuk mengurangi kebisingan dan meningkatkan privasi
  • Tempatkan mesin cuci dan pengering di lantai yang sama dengan kamar tidur
  • Pastikan semua pintu, lorong dan tangga yang cukup lebar untuk memindahkan furnitur
  • Pastikan bahwa lampu ditempatkan tepat untuk arus lalu lintas dan mudah ditempatkan


6. Rencana Ekspansi

Jika kamu tidak mampu untuk membangun rumah idaman kamu seluruhnya sekarang, rencanakanlah desain rumah kamu sehingga ekspansi mungkin dilakukan suatu saat nanti, cara untuk melakukannya adalah untuk membangun rumah kamu secara bertahap.

Misalnya, membangun rumah utama kamu terlebih dahulu, untuk pemasangan keramik lantai dan plafon bisa menyusul belakangan. Pilih prioritas dalam pembangunan rumah kamu.


7. Gambar Desain Interior Rumah

Ketika menyusun rencana lantai, tempat mebel dalam desain untuk melihat bagaimana semuanya cocok. kamu dapat melakukannya dengan menggunakan kertas grafik, kliping majalah atau dengan menggunakan software desain rumah. Juga, pertimbangkan pilihan skema pencahayaan, cat, lantai, dan sebagainya.


8. Jangan Lupakan Matahari

Posisi matahari dapat mempengaruhi desain rumah kamu, tergantung pada arah wajah rumah kamu. Sebuah rumah menghadap ke selatan akan lebih hangat di musim dingin, tapi lebih panas di musim panas. Tempatkan jendela untuk mengambil keuntungan dari cahaya alami, yang memungkinkan untuk konservasi energi yang lebih baik. Dan jika kamu sangat menikmati matahari terbit atau matahari terbenam, maka tempat desain ke sisi timur atau barat rumah kamu menjadi penting.


9. Mempercantik Semua Sisi Desain Rumah kamu

Ingatlah bahwa penempatan jendela mempengaruhi tampilan dalam dan luar rumah kamu. Apakah kamu tinggal di sudut atau di tengah blok, sisi rumah kamu akan terlihat. Desainlah tampilan rumah kamu sehingga kamu akan bangga untuk membiarkan orang berjalan di sekitarnya, meletakkan elemen desain kecil di sana-sini dan lain-lain.

Nuan Tenang
Berbagi ilmu berdasar pengalaman pribadi. Investasi aset digital itu penting. https://www.nuantenang.com/

Related Posts

Posting Komentar