Alasan Kenapa Pemograman Java Menjadi Pilihan Pemula

Posting Komentar


Siapapun yang akrab dengan dunia pemrograman tahu apa itu java. Java adalah bahasa pemrograman populer yang disenangi di mana-mana karena kesederhanaannya, keserbagunaannya, API yang kaya dan perpustakaan pihak ketiga, kemampuan multi-platform, dan banyak fitur lainnya.

Java dikembangkan oleh James Gosling pada tahun 1995 di Sun Microsystems. Ini adalah tujuan umum, tingkat tinggi, berorientasi objek, bahasa pemrograman berbasis kelas. Ketika pertama kali dirilis pada tahun 1996, java datang dengan fungsi tulis sekali, jalankan di mana saja.

Sekarang, Java termasuk di antara bahasa pemrograman terbaik di dunia. Java adalah bahasa multi-platform yang berarti aplikasinya dapat dirancang dan dijalankan pada platform atau sistem operasi apa pun.

Mengapa Java Dianggap Sebagai Pilihan Karir Utama untuk Pemula?

Java  adalah bahasa multi-utas yang kuat, dinamis, yang menawarkan peningkatan kinerja dalam waktu pengembangan yang lebih singkat. Dengan begitu banyak fitur luar biasa, java selalu menarik perhatian. Menurut Biro Statistik Tenaga Kerja AS, Java akan tumbuh pada tingkat 19% untuk semua bahasa pemrograman aplikasi untuk periode 2014-2024.

Java  adalah pilihan pertama banyak pemula yang ingin berkarir di sektor IT. Berikut adalah beberapa alasan mengapa java adalah pilihan karir teratas.

Java Menawarkan Keserbagunaan

Java dapat diterapkan di berbagai konteks, mulai dari mengembangkan aplikasi web hingga mengimplementasikan Internet of Things seperti pemanas pintar dan bola lampu. Java berguna dalam teknologi masa depan.

Misalnya, ini dapat digunakan untuk menganalisis kumpulan data besar, melakukan perhitungan matematis dan ilmiah, platform pelatihan daya, dan banyak lagi. Dan jangan lupa bahwa java adalah bahasa resmi untuk pengembangan Android. Jadi, bisa dibayangkan betapa serbagunanya Java.

Setelah kamu mengikuti pelatihan java online, banyak peluang akan terbuka untuk kamu. kamu dapat berspesialisasi dalam pengembangan android, pengembangan web, pengembangan game, dan bidang lain apa pun yang kamu minati.

Java Memiliki Dukungan Komunitas Yang Kuat

Java bukanlah bahasa baru dan telah ada selama lebih dari 25 tahun. Ini membantu menciptakan komunitas programmer dan pengembang yang kuat. Jumlahnya jutaan, dan ini adalah salah satu alasan terpenting bagi para pemula untuk memulai karir mereka dengan java.

Mereka tahu bahwa mereka akan mendapatkan dukungan dari komunitas yang ada yang bekerja untuk meningkatkan bahasa. Selain itu, ada sumber daya yang sangat besar untuk digunakan pemula. Dari sumber online hingga bootcamp java, pemula tidak akan kesulitan mempelajari bahasanya.

kamu dapat menemukan jawaban atas pertanyaan kamu tentang java di forum Java seperti StackOverflow. Ini sangat membantu, terutama ketika kamu memulai dan memiliki masalah tentang dasar-dasar dan pemrograman java.

Java Ramah untuk Pemula

Meskipun java didasarkan pada prinsip-prinsip C dan C++, itu masih tidak serumit mereka. Ini adalah bahasa yang sangat sederhana yang secara signifikan lebih mudah dipelajari bahkan jika kamu tidak memiliki pengalaman dengan bahasa pemrograman lain. Ini memiliki sintaks seperti bahasa Inggris yang dapat dimengerti dan ringkas.

Karena java adalah bahasa berorientasi objek, kamu dapat dengan mudah memelihara dan memodifikasi kode yang ada dan menambahkan kode baru ke kode yang ada. Karena fitur ini, Java lebih terukur karena kamu dapat dengan mudah mengelolanya bahkan jika kode menjadi lebih kompleks dari waktu ke waktu.

Jawa Memiliki Prospek Kerja Yang Baik

Setelah belajar java, kamu memiliki banyak peluang kerja. Dan, ini adalah salah satu faktor yang membuatnya begitu populer di kalangan pelajar yang ingin masuk ke karir teknologi. Menurut Survei Pekerjaan Terbaik Glassdoor di Amerika 2021, pengembang Java menempati peringkat sebagai pekerjaan no.1 di AS dengan tingkat kepuasan kerja 4,2 dari 5.

Ini menunjukkan betapa populernya java sebagai pilihan karir. Selain itu, java digunakan oleh sejumlah besar organisasi seperti Pinterest, Netflix, Spotify, Amazon, Instagram, dll.

Dengan java, kamu dapat memahami betapa berpengaruhnya java dan dapat memberi kamu peluang kerja yang fantastis di perusahaan tingkat atas.

Java Mendapat Pembaruan Tepat Waktu

Sejak rilis versi pertama java pada tahun 1996, ada banyak pembaruan di java. Rilis terbaru dari Java SE Platform adalah Java SE 16.0.2. Oracle telah membuat pembaruan lebih sering, dengan setiap versi baru dirilis setiap enam bulan.

Menariknya, java memiliki kompatibilitas ke belakang, yang membuat semua versi sebelumnya kompatibel dengan yang baru. Selain itu, oracle menawarkan versi dukungan jangka panjang seperti java 8 dan java 11. Java 11 adalah versi java LTS terbaru, dirilis pada September 2018.

Oracle akan mendukungnya hingga September 2023, sedangkan dukungan yang diperpanjang akan berlangsung hingga September 2026. Semua ini menjadikan java sebagai bahasa yang kamul untuk dipertahankan. kamu dapat menggunakan versi java apa pun untuk mengembangkan dan mendesain aplikasi web dan aplikasi kamu. Pelatihan java online adalah kesempatan besar bagi programmer untuk belajar tentang update terbaru.

Java Menghasilkan Penghasilan yang Mengesankan

Kompensasi untuk profesional java cukup bagus, dan itu menarik banyak pemula. Ketika pengalaman dan keterampilan kamu meningkat, kamu akan mulai mendapatkan gaji yang lebih baik.

Belajar Java dapat berdampak positif pada karir kamu. Bagian terbaik tentang belajar java adalah kamu dapat mengarahkan karir kamu ke bidang apa pun yang kamu suka, baik itu pengembangan web, pengembangan Android, IoT, atau cloud.

Apa jenis peran yang kamu inginkan dan perusahaan apa yang kamu ingin bekerja terserah kamu.

Sebelum kamu menuju ke wawancara teknis dan tes pengkodean, pastikan kamu telah mengambil cukup tes java gratis karena ada banyak persaingan di market, dan jika kamu ingin tampil lebih baik daripada yang lain, kamu harus mempersiapkan diri untuk itu.

Sumber: articlebiz.com

Nuan Tenang
Berbagi ilmu berdasar pengalaman pribadi. Investasi aset digital itu penting. https://www.nuantenang.com/

Related Posts

Posting Komentar