Cara Menyembunyikan Aplikasi di HP XiaoMi

3 komentar
Cara Menyembunyikan Aplikasi di HP XiaoMi


Cara Menyembunyikan Aplikasi di HP XiaoMi - Hallo apa kabar pecinta HP XiaoMi. Masih setia pake XiaoMi ya? Admin juga masih pake hp ini dari dulu. Admin suka menggunakan handphone buatan dari negeri tirai bambu ini karna fitur-fiturnya tidak kalah dengan yang lain, dan yang paling admin sukai adalah harganya yang merakyat tidak bikin kantong bolong. HP yang bisa dikatakan cukup murah bila dibandingkan dengan merk lain dengan fitur yang sama.


Sejarah HP Xiaomi di Indonesia

Perusahaan yang kita kenal dengan nama Xiaomi ini sebelumnya bernama Dami, berdiri pada tanggal 6 April 2010. Nama Dami berasal dari bahasa Mandarin yang bermakna "Padi yang besar". Kini berganti nama menjadi Xiaomi yang bermakna "beras kecil". Dinamai demikian karna perusahaan tersebut harus humble yang artinya harus rendah hati karna masih baru.

Xiaomi masuk ke pasar Indonesia lewat produk perdananya yakni Redmi 1S padah tahun 2014. HP dengan spek mumpuni yang dibanderol dengan harga sekitar Rp. 1,5 juta ini bisa dibilang sukses menarik perharian pengguna smartphone di tanah air.


Menjaga Privasi di Suatu Aplikasi

Saat memiliki sebuah hp, kamu pasti ingin menginstall berbagai aplikasi. Apalagi bila spek HP kamu itu cukup mumpuni. Aplikasi yang wajib kita install misalnya app chatting Whatsapp, Messenger, kemudian aplikasi sosial media seperti FB, Instagram, tiktok dan lain sebagainya. Mungkin sebagian dari pengguna smartphone ingin menjaga privasinya terutama aplikasi chat.

Apa yang harus dilakukan untuk menjadi privasi pada suatu apliasi yang terinstall di HP kamu? Ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan, yaitu dengan menggunakan password pada suatu aplikasi tertentu. Cara lainnya yaitu dengan menyembunyikannya. Kali ini admin akan menulis bagai mana cara menyembunyikan aplikasi di HP Xiaomi. Cara ini bisa diterapkan untuk semua type HP Xiaomi. 


Cara Menyembunyikan Aplikasi di HP XiaoMi Semua Tipe

Kita tidak perlu menginstall aplikasi tambahan lagi karna fitur hide dari Xiaomi sudah disematkan pada sistem MIUI nya. Hampir semua aplikasi bisa disembunyikan dengan fitur hide (App Lock) ini, diantaranya Facebook, Instagram, Browser, Whatsapp, pemutar Video / musik, Tiktok dan lainnya.

Berikut langka-langkah untuk hide aplikasi hp Xiaomi dengan App Lock:

Handphone admin menggunakan bahasa Inggris ya, jadi tutorial nya dalam bahasa Inggris pada HP. Bila HP kamu dalam bahasa Indonesia, tinggal disesuaikan saja. Pada contoh ini admin menggunakan versi MIUI Global 12.0.3


Langkah Pertama : Masuk ke Settings HP kamu terlebih dahulu.


Langkah Kedua : Scroll ke bawah kemudian cari dan masuk ke menu Apps

cara menyembunyikan aplikasi di hp xiaomi

Langkah Ketiga:
Masuk ke menu App lock

cara menyembunyikan aplikasi di hp xiaomi

Langka Keempat: Masuk ke menu settings (tekan tanda seperti pada gambar di bawa)


Langkah Kelima: Aktifkan App lock kemudian kembali ke menu sebelumnya dengan menekan tanda back (panah)

cara menyembunyikan aplikasi di hp xiaomi

Langkah Keenam: Aktifkan aplikasi mana saja yang ingin kamu kunci. Selesai.

cara menyembunyikan aplikasi di hp xiaomi

Pada versi MIUI yang berbeda mungkin menu nya juga berbeda. Untuk memudahkan mencari setingan app lock bisa memanfaatkan fitur pencarian pada halaman Settings.

Bila cara di atas tidak berhasil, bisa menggunakan  aplikasi pihak ke tiga yang bisa di download secara gratis di Google Play Store. Salah satu nya adalah aplikasi App Hider, Aplikasi Hide Apps, dan masih banyak lagi tinggal kamu pilih mana yang cocok. Semua aplikasi pihak ke tiga tersebut akan admin bahas dan buatkan tutorialnya di artikel berikutnya.


Alasan Orang Menyembunyikan Aplikasi

1. Privasi Data Pribadi

Salah satu alasan kenapa pengguna hp menyembunyikan suatu aplikasi adalah untuk menjaga rahasia yang bersifat pribadi. Data dan rahasia yang tidak boleh diketahui oleh orang lain misalnya kamu mencatat password/kata kunci atau PIN ke dalam aplikasi notepad.

2. Privasi Pekerjaan

Kamu yang bekerja sebagai profesional atau seorang karyawan di suatu perusahaan pasti sering menyimpan data-data penting dengan mencatatnya ke dalam sebuah aplikasi di HP yang kamu pegang. Tentu kamu tidak mau data-data yang menyangkut perusahaan tempat kamu bekerja di ketahui oleh orang lain karna sifatnya sangat rahasia hanya karyawan yang boleh tau.

3. Diintip Pasangan

Ada kalanya chat dengan temen tidak ingin dibaca dan diketahui oleh pasangan. Kadang ada pasangan/pacar yang suka kepo kamu chat apa aja ke ttemen2 kamu atau apakah kamu ada menggunakan aplikasi pencari jodoh atau tidak.

Bagi yang sudah berpasangan secara resmi, sebaiknya tidak menyembunyikan sesuatu demi menjaga keharmonisan rumah tangga. Fitur menyembunyikan aplikasi sebaiknya digunakan untuk hal positif, misalnya kamu ingin memberi kejutan kepada sang istri dengan menyembunyikan aplikasi belanja online misalnya.


Cara Memindahkan Aplikasi Ke Kartu SD Xiaomi

Pengguna HP android besutan Xiaomi tidak akan semudah HP lain dalam hal memindahkan aplikasi ke kartu SD. Tapi jangan kuatir, ada beberapa cara mudah untuk melakukannya. Cara yang tidak ribet tanpa harus root atau harus menjalankan script tertentu adalah dengan menggunakan aplikasi pemindah aplikasi yang ada di Google Play Store. 

Pilih cara yang tidak memerlukan root smartphone untuk keamanan gadget kamu. Link2SD atau AppMgrII adalah beberapa pilihan yang bisa kamu coba. Tinggal install, buka aplikasinya lalu pilih aplikasi mana yang mau di pindah.


Cara Mengubah Emoji Xiaomi Menjadi Emoji iPhone Tanpa Aplikasi

Biarpun pake HP Xiaomi, masih bisa gaya-gayaan kayak megang iPhone loh. Kamu bisa menggunakan emoji yang beda dengan pengguna Xiaomi lainnya, serasa megang iPhone. Emoji adalah sebuah icon, gambar atau lebih tepatnya animasi yang dikirim melalu u pesan chat, dimana emoji mewakili perasaan atau emosi tertentu.

  • Pertama, buka Settings atau Setelan
  • Kedua, Scroll ke bawah dan cari menu Setelan Tambahan atau Additional Settings
  • Ketiga, Pada opsi Lokasi, ubah ke Negara India
  • Keempat, Buka Tema/Theme bawaan dari HP Xiaomi lalu klik Font
  • Kelima, ketik iOS 14 Emoji atau ios 13.2 pada kotak pencarian
  • Keenam, kemudian klik Gratis lalu Terapkan atau Apply
  • Ketujuh, restart HP kamu
  • Kedelapan, selesai. Selamat kamu bisa menggunakan emoji iPhone pada HP Xiaomi


Cara Menghapus Aplikasi Bawaan Xiaomi

Bloatware adalah istilah untuk aplikasi bawaan dari suatu perangkat smartphone. Aplikasi bawaan sudah terinstall secara default bawaan dari pabriknya. Aplikasi bawaan sengaja disematkan untuk mendukung kinerja dari smartphone. Memang kadang ada suatu aplikas yang tidak kita butuhkan dan ingin kita hapus denga tujuan untuk meringankan memory HP kita.

Sama halnya untuk HP Xioami, juga disematkan aplikasi bawaan dan memang tidak mudah untuk menghapusnya. Namun ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk menghapus aplikasi bawaaan Xiaomi tanpa root. Berikut langkah-langkahnya.

Cara Menghapus Aplikasi Bawaan Xiaomi

  • Pertama, Buka Hp Xiaomi kamu
  • Kedua, Masuk ke Google Play Store
  • Ketiga, Kemudian pilih Help & Feedback
  • Keempat, Pilih Delete or disable apps on Android
  • Kelima, Lalu pilih Tap to go application setting
  • Keenam, Setelah itu akan muncul aplikasi yang bisa kamu nonaktifkan
  • Ketujuh, Selanjutnya tinggal pilih Disable
  • Kedelapan, Terakhir, kamu tinggal memili aplikasi mana yang hendak di disable atau dihapus


Aplikasi Ganda Xiaomi

Apakah kamu ingin menggunakan 2 aplikasi WA atau FB dalam 1 HP? Tentu saja bisa. Kamu bisa login 2 akun berbeda secara bersamaan dalam 1 HP, misalnya kamu mau pake 2 nomor WA atau 2 akun FB. Lalu apa yang harus kamu lakukan untuk menggunakan aplikasi ganda xiaomi? Tenang, caranya sangat mudah untuk pengguna HP android Xiaomi. Kamu bisa menginstall nya menggunakan fitur bawaan dari Xiaomi. Jadi tidak perlu menggunakan aplikasi pihak ketiga seperti App Clone apalagi harus di root HP nya. Simak langkah mudah nya:

  1. Buka Settings
  2. Scroll ke bawah, pilih Apps
  3. Lalu pilih Dual apps
  4. Selanjutnya tinggal aktifkan deh aplikasi mana yang mau di Clone atau Ganda, mudah sekali bukan


Cara Mengetahui Password Wifi Tanpa Aplikasi di HP Xiaomi

WiFi adalah singkatan dari Wireless Fidelity, sebuah teknologi untuk menyambung data secara nirkabel. Suatu perangkat untuk terhubung ke jaringan internet bisa menggunakan WiFi dan Kabel LAN. Sambungan dengan kabel LAN digunakan pada perangkat komputer desktop atau laptop sedangkan untuk perangkat hanphone menggunakan jaringan Wifi.

Untuk bisa mengetahui password wifi tanpa aplikasi di hp xiaomi, HP kamu harus sudah terhubung ke jaringan WI-Fi yang ingin kamu ketahui passwordnya.

  1. Buka Settings
  2. Pilih Wi-Fi
  3. Ketuk 1 kali pada jaringan yang sudah terhubung
  4. Kemudian akan muncul pop-up Share Wi-Fi network, lakukan Screenshot pada QR code tersebut
  5. Pergi ke menu Scanner pada Folder Tools, scanner ini adalah aplikasi bawaan dariXiaomi
  6. Pilih Gallery (icon sebelah kana bawah), lalu pilih screenshot QR code yang tadi
  7. Hasilnya pun ada otomatis terbuka tapi passwordnya masih tertutup dan bertuliskan tanda bintang (****)
  8. Langkah terakhir, tekan tulisan Password maka akan terlihat password nya.


Cara Mengosongkan Ruang Penyimpanan Tanpa Menghapus Aplikasi di HP Xiaomi

Cara Mengosongkan Ruang Penyimpanan Tanpa Menghapus Aplikasi di HP Xiaomi

Setiap HP memiliki ruang penyimpanan yang berbeda-beda tergantung dari merk dan jenis HP. Semakin banyak kamu menginstall aplikasi dan menyimpan banyak video dan foto maka akan semakin penuh ruang penyimpanan HP kamu. Hal itu akan menggangu kinerja dari HP dan membuat HP nge-lag.

Cara mengosongkan ruang penyimpanan tanpa menghapus aplikasi bisa dilakukan dengan mudah tanpa bantuan aplikasi pihak ke tiga atau harus di root HP nya. Salah satu cara mudahnya adalah menghapus cache secara berkala. Cache adalah file data penggunanan dari suatu perangkat yang disimpan secara sementara.

Buka Settings

Masuk ke About phone kemudian pilih Storage

Pilih Apps and data

Pilih aplikasi mana yang mau dihapus cache nya

Pilih Clear cache lalu OK


Demikian beberapa tips dari admin untuk Xiaomi fans. Semoga bermanfaat.


Nuan Tenang
Berbagi ilmu berdasar pengalaman pribadi. Investasi aset digital itu penting. https://www.nuantenang.com/

Related Posts

3 komentar

  1. terima kasih atas informasinya. sangat membantu bagi yg punya hp xiaomi

    BalasHapus
  2. pake aplikasi pihak ke tiga aja lebih simple ya

    BalasHapus

Posting Komentar