cara mengetahui laptop windows berapa
Pic: pixabay.com

4 Cara Mengetahui Laptop Windows Berapa

Diposting pada

4 Cara Mudah Mengetahui Versi Windows di Laptop – Layaknya smartphone, laptop juga memiliki beragam merk, versi, edisi, dll. Teman-teman pasti sudah tidak asing dengan yang namanya Windows. Windows memiliki beragam fungsi, misalnya menghubungkan aplikasi dan hardware agar bisa bekerja dengan stabil, mengelola data input serta output, memantau program yang sedang dijalankan, dll.

Windows memiliki beberapa versi, seperti Windows 7, Windows 8, Windows 10, dan masih banyak lagi versi lainnya. Selain itu, ada juga istilah pro, ultimate, home, home basic, dll.

Ketika kamu ingin membeli sebuah laptop, tentunya kamu perlu mengetahui lebih dalam mengenai spesifikasi produk yang ingin kamu beli. Jika laptop yang kamu beli second dan boxnya sudah tidak ada, kamu masih bisa melihat spesifikasi langsung dari laptopnya. Ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan. Berikut beberapa cara mengecek versi Windows di Laptop:

Cara mengetahui laptop windows berapa

Lewat Setting/Pengaturan

Cara pertama untuk mengetahui laptop memiliki versi Windows keberapa yaitu lewat setting/pengaturan. Cara pertama ini merupakan cara paling dasar untuk mengetahui versi Windows. Berikut langkah-langkahnya:

a. Masuk ke menu start di pojok kiri bawah laptop, atau tekan logo Windows di keyboard
b. Masuk ke menu setting
c. Pilih System
d. Scroll kebawah sampai menemukan bagian About
e. Di bagian About, cari tulisan Windows Specifications. Disana akan muncul versi Windows dibagian Editions. Selain informasi tersebut, di menu ini banyak info lain mengenai Laptop kamu. Seperti nama, Processor, RAM, Tipe sistem, dll. kamu juga bisa mengubah nama laptop kamu dengan mengeklik Rename this PC dibagian bawah informasi tersebut.

Baca Juga  Alasan Kenapa Pemograman Java Menjadi Pilihan Pemula

Melalui DirectX

Cara yang kedua yaitu dengan masuk ke menu DiretX Diagnostic Tool.

a. Tekan logo Win + R pada keyboard secara bersamaan.
b. Setelah muncul menu Run, ketik “dxdiag” pada kolom yang disediakan
c. Cari Operating System di menu system. Disana akan muncul berbagai informasi tentang sistem seperti waktu, bahasa, memory, dll. termasuk versi Windows laptop tersebut.
Selain informasi tentang sistem, menu ini juga menampilkan informasi tentang Display, Sound, dan Input.

Melalui menu About

Cara ini merupakan cara singkat dari langkah pertama. Langkah-langkah nya adalah sebagai berikut :

a. Tekan logo search disamping logo Windows, atau bisa juga dengan menekan logo Windows pada keyboard.
b. Ketikkan About Your PC lalu tekan enter untuk masuk ke menunya.
c. Setelah itu layar akan otomatis memasuki menu about seperti pada langkah pertama.
Jika hanya ingin mengetahui informasi dasar tentang laptop, cara ini merupakan cara paling cepat.

Melalui Command Prompt (CMD)

Command Prompt adalah sebuah program untuk memberikan perintah ke laptop. Kamu bisa mengetikkan sebuah perintah untuk menampilkan informasi tentang laptop kamu disini. Caranya adalah sebagai berikut:

a. Pilih icon search di pojok kiri bawah atau logo Windows di keyboard
b. Ketikan CMD lalu tekan enter
c. Ketik “systeminfo” lalu tekan enter
d. Setelahnya akan muncul beberapa informasi tentang sistem laptop kamu. Dengan cara ini, informasi yang ditampilkan lebih lengkap dibanding beberapa cara lain.

Itu dia 4 cara mengetahui versi Windows di sebuah Laptop. Mudah bukan? Keempat cara tersebut sama-sama bisa memberi kita informasi mengenai versi Windows sebuah laptop. Perbedaan keempatnya berada pada informasi yang diberikan. Beberapa cara menampilkan informasi yang lebih banyak dibandingkan cara lain. Pilihlah cara yang paling mudah dan sesuai dengan kebutuhan. Selamat mencoba.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.