apa itu lucid dream dan bagaimana caranya
Pic: pixabay.com

Apa Itu Lucid Dream Dan Bagaimana Caranya

Diposting pada

Pengertian Lucid Dream

Pernahkan kalian mendengar yang namanya Lucid Dream? Lucid Dream merupakan suatu fenomena dimana seseorang memiliki kesadaran bahwa ia sedang berada di dunia mimpi. Misalnya, ketika kamu mengalami Lucid Dream, kamu akan sadar bahwa kamu sedang bermimpi. Tak hanya sadar bahwa sedang bermimpi, dalam beberapa kasus ketika seseorang mengalami Lucid Dream, orang itu bisa mengendalikan mimpinya, lho. Unik ya?

Meskipun kesannya seperti hal yang tidak mungkin terjadi, ternyata sudah cukup banyak penelitian yang meneliti hal ini, dan Lucid Dream benar adanya serta terjadi disebagian orang.
Kenapa orang bisa mengalami Lucid dream? Meskipun peneliti sudah berusaha keras untuk mencari tahu tentang ini, masih belum ditemukan bagaimana fenomena unik ini terjadi. Tapi peneliti percaya bahwa ada hubungan antara bagian prefrontal cortex di otak dengan lucid dream. Tetapi alasan mengapa seseorang bisa mengalami lucid dream ini masih belum diketahui.

Apakah lucid dream berbahaya bagi tubuh? Lucid dream memiliki dampak pada tubuh, dampak positif dan negatif. Dampak positif dari lucid dream yaitu bisa mengatasi mimpi buruk. Bahkan lucid dream juga digunakan sebagai terapi untuk mengatasi mimpi buruk.

Sementara dampak negatifnya, seseorang yang mengalami terlalu sering lucid dream akan kesulitan membedakan antara reality (kenyataan) dengan dream (mimpi). Karena ketika seseorang mengalami lucid dream, mimpi tersebut akan terasa sangat nyata baginya. Selain itu ada juga beberapa dampak positif dan negatif lain dari lucid dream

Baca Juga  Apa Keuntungan Dari Mencangkok Suatu Tanaman

Cara melakukan lucid dream

Masih penasaran bagaimana cara agar bisa mengalami lucid dream? Meskipun tidak ada penelitian dan metode yang pasti mengenai bagaimana cara agar mengalami lucid dream, kamu masih bisa mencoba beberapa metode yang dilakukan oleh peneliti untuk meneliti lucid dream. Beberapa metode yang mungkin bisa membantu kamu mengalami lucid dream antara lain:

1. Reality testing

Yaitu tes menyadari kenyataan. Cara melakukannya yaitu dengan mempertanyakan “Apakah kita sedang bermimpi” selama beberapa kali dalam satu hari dan menjawabnya. Ketika kita melakukan sesuatu secara berulang-kali di dunia nyata, ada kecenderungan kita melakukan hal serupa di mimpi. Nah, mungkin aja ketika kamu sedang bermimpi dan kamu melakukan melakukan hal ini ketika bermimpi, kamu jadi sadar bahwa kamu sedang bermimpi.

2. Menulis journal mimpi

Seperti menulis journal biasa, kamu hanya perlu menuliskan mimpi yang kamu alami setiap harinya ketika kamu bangun dari tidur. Kamu bebas menuliskannya di smartphone, buku tulis, atau dengan audio-recorder. Semakin detail mimpi yang kamu tuliskan, katanya semakin bagus.

3. Metode MILD dan WBTB

MILD merupakan singkatan dari mnemoic induction of lucid dream, yaitu sebuah metode dengan cara melatih diri sendiri untuk menyadari kenyataan dan mimpi dengan mengucapkan beberapa kalimat seperti “aku akan tidur dan aku akan menyadari bahwa aku sedang bermimpi” setelah bangun dari tidur.

Disisi lain, WBTB adalah singkatan dari Wake bed to bed. Yaitu suatu metode yang dilakukan dengan cara bangun tengah malam. Kedua metode ini biasanya sering dilakukan secara bersamaan.
Nah itu dia beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk bisa masuk ke lucid dream. Beberapa cara tersebut membutuhkan proses yang tidak sebentar, perlu latihan untuk bisa untuk benar benar bisa mengalami lucid dream.

Baca Juga  Punya Anak Menjamin Kebahagiaan? Ketahui Faktanya

Namun perhatikan pula dampak negatif dari lucid dream. Jika kamu penasaran, cukup lakukan satu kali saja untuk mengobati rasa penasaranmu. Karena jika kamu terlalu sering melakukan lucid dream, kamu bisa saja menerima dampak negatifnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.