apa keuntungan dari mencangkok
Pic: pixabay

Apa Keuntungan Dari Mencangkok Suatu Tanaman

Diposting pada

Mencangkok adalah salah satu cara untuk memperbanyak tanaman dengan cara mengambil batang tanaman yang telah ada untuk ditumbuhi akar dan dipindahkan supaya menjadi tanaman yang baru. Tanaman yang digunakan untuk menciptakan tanaman baru disebut dengan induk. Mencangkok ini merupakan proses perkembangbiakan secara vegetatif buatan, yaitu perkembangbiakan tanpa perkawinan dan tidak alami, alias menggunakan bantuan manusia.

Selain untuk menciptakan tanaman baru, cara mencangkok digunakan untuk menciptakan tanaman yang serupa dengan induknya. Jika kamu menggunakan cara mencangkok, pastikan induknya memiliki kualitas yang bagus, sehat dan memiliki buah yang manis jika tanaman yang dicangkok merupakan pohon yang berbuah.

Karena proses mencangkok ini dilakukan dengan cabang atau batang dari pohon yang telah ada, tidak semua tanaman bisa dicangkok. Hanya tanaman yang memiliki dahan dengan ukuran yang cukup lah yang bisa kita cangkok. Misalnya pohon mangga, rambutan, lengkeng, dll.

Bagaimana cara mencangkok?

Untuk melakukan pengcangkokan, kamu tidak perlu mengeluarkan modal yang banyak. Beberapa barang yang dibutuhkan pun sangat mudah ditemukan. Beberapa alat dan bahan yang dibutuhkan adalah:

a.) Pisau
b.) Tanah yang subur
c.) Tali
d.) Sabut kelapa
e.) Plastik, dan tentunya
f.) Pohon yang akan dijadikan induk.

Untuk mencangkok, praktekan langkah – langkah dibawah ini :

a. Siapkan semua bahan yang diperlukan.
b. Pilih tanaman yang akan kamu jadikan induk. Sebaiknya cari pohon yang sehat dan bagus, misalnya berdahan kuat, berbuah manis, atau berbunga indah. Usahakan pohon yang akan dijadikan induk juga berada di tempat yang terkena sinar matahari serta memiliki cabang dengan ukuran yang cukup untuk dicangkok.
c. Setelah memilih dahan, posisikan pisau di bagian dahan yang tidak terlalu jauh dari batang pohon, sekitar 15-20 cm. Lalu potong melingkar sampai sekiranya kulit pohonnya bisa terlepas.
d. Setelah itu, kerik bagian berlendir di bagian yang kulitnya dilepas tadi secara searah.
e. Tutup secar menyeluruh menggunakan tanah yang telah disiapkan. Gunakan tanah secukupnya dan usahakan gunakan tanah yang subur serta tidak kering. Tekan tekan sampai menggumpal lalu tutup lagi menggunakan sabut kelapa.
f. Kalian bisa menutupnya lagi dengan menggunakan plastik yang telah dilubangi kecil-kecil, dan ikat menggunakan tali.
g. Jika sudah, tunggu sampai bagian yang ditutup tadi berakar. Kurang lebih selama tiga sampai delapan minggu, tergantung dari pohon yang kalian cangkok. Jangan lupa untuk selalu menyiram cangkokan jika kalian mencangkok di musim kemarau.

Baca Juga  Mengenal Perbedaan Aspal Hotmix Dan Aspal Biasa

Apa Keuntungan Dari Mencangkok

Mencangkok memiliki banyak keuntungan atau kelebihan lain, yaitu:

a. Menghasilkan tanaman dengan kualitas yang serupa dengan induknya. Baik dari kekuatan batangnya sampai rasa buahpun akan sama.
b. Proses pembuahan dari tanaman yang dicangkok biasanya tidak terlalu lama jika dibandingkan dengan tanaman yang dihasilkan dari teknik lain.
c. Teknik mencangkok tidak perlu membutuhkan modal yang besar, dan prosesnya pun cukup mudah dipraktekan.

Kekurangan Mencangkok

a. Karena menggunakan dahan dari pohon lain, kita tidak bisa mencangkok dengan jumlah yang banyak, karena dahan sangat terbatas. Bahkan induk yang dahannya terlalu banyak dicangkok akan ada kemungkinan rusak.
b. Akar tanaman baru hasil mencangkok biasanya tidak terlalu kuat dan mudah tumbang.

Nah, itu dia penjelasan mengenai mencangkok. Mulai dari pengertian, cara mencangkok, kekurangan serta kelebihannya. Cukup mudah, bukan? Apakah anda tertarik untuk mencangkok? Pastikan untuk memperhatikan langkah langkahnya dengan seksama agar hasil cangkokan bisa bagus dan kemungkinan gagalnya berkurang.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.