apa penyebab hp cepat panas dan cara mengatasinya
apa penyebab hp cepat panas dan cara mengatasinya

Apa Penyebab HP Cepat Panas dan Cara Mengatasinya

Mungkin kamu sering bertanya “apa penyebab hp cepat panas dan cara mengatasinya?” HP adalah perangkat elektronik yang dirancang untuk penggunaan berat. Ponsel menghasilkan panas dan para insinyur tidak ingin ponsel menjadi terlalu panas. HP terus diciptakan untuk menahan panas dengan baik.

Sangat mudah untuk membayangkan bahwa ponsel memiliki kipas, ventilasi, atau perangkat pendingin lainnya. Ini tidak benar. Sebaliknya, pendinginan pasif digunakan di telepon. Hal ini dimungkinkan melalui dua konsep.

Pertama, logam ditempatkan secara strategis dalam desain ponsel. Logam menghantarkan panas dari bagian terpenting ponsel, sehingga dapat dikeluarkan dari badan ponsel.

Yang kedua adalah bahwa cangkang ponsel dapat bertukar panas dengan udara dan memancarkan panas dari ponsel.

Mayoritas ponsel pintar sekarang sudah all-in-one dan tidak bisa dilepas dari baterainya. Namun, kebanyakan ponsel yang telah digunakan sebelumnya menggunakan baterai lithium. Jika baterai digunakan untuk jangka waktu yang lama, baterai lithium akan mulai membengkak. Apakah mungkin untuk menggunakan baterai setelah membengkak? Pertanyaan ini sering ditanyakan oleh banyak orang, tetapi tidak mungkin. Perluasan baterai ponsel menunjukkan kemungkinan bisa meledak.

Udara adalah salah satu isolator paling efektif yang dapat kamu temukan. Karena udara lebih padat daripada kebanyakan benda padat, itu adalah salah satu isolator terbaik.

Sebenarnya apa penyebab hp cepat panas dan cara mengatasinya? Jadi, sirkulasi udara juga mempengaruhi tingkat ke-panasan gadget. Jika kamu melihat panas dalam bentuk fisiknya, lebih sulit bagi molekul udara daripada ponsel kamu untuk saling bertabrakan. Ini berarti lebih sedikit panas yang ditransfer ke telepon karena lebih sedikit molekul udara yang bersentuhan dengannya.

Namun, perpindahan panas bekerja jauh lebih baik ketika udara mengalir. Pertukaran panas akan lebih cepat jika ada lebih banyak udara yang mengalir.

Baca Juga  Alasan Kenapa Pemograman Java Menjadi Pilihan Pemula

Mari kita langsung ke intinya. Ponsel dapat digunakan di udara tanpa panas berlebih. Namun, jika ada angin sepoi-sepoi atau sumber aliran udara lainnya, ponsel akan kehilangan panas lebih cepat.

Ini adalah sesuatu yang perlu kamu pertimbangkan ketika berpikir tentang kasus ponsel. Kasingnya mencegah udara melewati gadget secara langsung, yang dapat berimplikasi pada bagaimana panas dapat terperangkap.

Memancarkan dan menyerap panas.

Cara lain ponsel menjadi dingin adalah melalui radiasi. Ini bukan radioaktivitas, yang akan sangat berbahaya. Sebaliknya, telepon berfungsi seperti radiator di dalam mobil.

Panas tersebut kemudian dibawa ke radiator yang mengeluarkan panas sebanyak mungkin. Di sinilah radiasi inframerah membuat sebagian besar panas.

Nah, itu lah salah satu apa penyebab hp cepat panas dan cara mengatasinya. Ada beberapa penyebab lainnya yang membuat HP kamu cepat panas yaitu over charging, bermain game untuk waktu yang lama, tidak ada sinyal wifi juga bisa menjadi penyebab karna ponsel terus bekerja untuk “mencari” sinyal. Setingan kecerahan layar terlalu terang, banyak nya notifikasi dari berbagai aplikasi yang masuk, OS tidak update, dan banyak aplikasi sedang terbuka juga bisa menjadi penyebab hp cepat panas.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.