Cara Agar Screenshot Tidak Blur Tanpa Aplikasi
Pic: Pixabay.com

Cara Agar Screenshot Tidak Blur Tanpa Aplikasi Dengan Mudah

Diposting pada

Cara Agar Screenshot Tidak Blur Tanpa Aplikasi – Pada gawai seperti smartphone atau laptop fitur screenshot merupakan fitur dasar yang berfungsi menangkap gambar layar secara penuh. Pada smartphone, screenshot dapat dilakukan dengan menekan tombol power + volume up secara bersamaan atau dengan shortcut seperti menyentuh dan menggeser layar dari atas ke bawah dengan 3 jari secara bersamaan.

Screenshot pada laptop atau komputer dapat dilakukan dengan menekan tombol Print Screen SysRq pada keyboard. Kemudian masuk ke menu windows dan cari Paints. Setelah jendela paints terbuka, tekan CTRL + V. Maka hasil screenshot akan keluar. Lalu simpan hasil tersebut ke dalam folder.

Sayangnya, tidak selamanya hasil screenshot dapat tertangkap dengan jelas. Dalam beberapa kasus, hasil jepretan layar memiliki kualitas yang buruk alias blur. Hal ini tentu akan sangat mengganggu apabila nantinya hasil screenshot tersebut dibaca dan dibagikan. Screenshot yang blur menyebabkan detail – detail informasi yang diperlukan menjadi sukar terbaca dan bahkan tidak terlihat sama sekali meski di zoom.

Penyebab hasil screenshot blur adalah dikarenakan file yang tersimpan berformat JPEG. Kelemahan dari format JPEG adalah sangat rentan dengan penurunan kualitas, terlebih ketika file tersebut mengalami beberapa kali perpindahan perangkat.

Selain itu, hasil screenshot dengan format JPEG juga rentan mengalami penurunan kualitas atau blur saat dibagikan melalui sosial media. Hal ini dikarenakan sosial media dapat melakukan kompresi terhadap file tersebut secara otomatis.

Untuk mengatasi hal tersebut, pada kesempatan kali ini saya akan membagikan cara mudah agar screenshot tidak blur tanpa aplikasi.

1. Pastikan Format Screenshot PNG

Berbeda dengan file JPEG, hasil screenshot berformat PNG memiliki kualitas yang lebih besar. Terbukti ekstensi tersebut ketika dibuka akan terasa lebih berat. Meski demikian, agar screenshot tidak blur sangat disarankan format file yang tersimpan adalah PNG.

Baca Juga  Cara Melihat Aplikasi Yang Sering Digunakan

Umumnya hasil screenshot pada ponsel secara otomatis memiliki format PNG. Namun itu belum tentu terjadi pada laptop atau komputer. Setelah hasil tangkapan layar dipastekan ke dalam Paints (lihat tutorial di atas), silahkan masuk ke menu File dan pilih menu Save As. Nantinya ada beberapa pilihan format penyimpanan mulai dari JPEG, PNG, BMP, dan GIF. Silahkan pilih PNG, lalu simpan.

2. Memanfaatkan Situs Peningkat Resolusi Gambar

Cara agar screenshot tidak blur tanpa aplikasi berikutnya adalah dengan memanfaatkan situs – situs peningkat resolusi gambar. Ada banyak sekali yang bisa diakses melalui browser, misalnya bigjpg.com atau waifu2x.udp.jp.

Penggunaan kedua situs tersebut sangatlah mudah, misalnya bigjpg.com. Setelah menyiapkan hasil tangkapan layar, silahkan buka browser dan akses situs tersebut. Kemudian cari menu upload gambar dan upload hasil tangkapan layar yang tadi. Setelah itu klik mulai.

Nantinya akan ada beberapa pilihan mulai dari jenis gambar, perbesar, hingga pengurangan noise. Silahkan atur sesuai dengan kebutuhan. Setelah itu klik ok dan hasil screenshot tersebut dapat diunduh.

3. Ubah Kualitas Upload Sosial Media

Jika nantinya hasil screenshot tersebut ingin dibagikan melalui sosial media, kamu harus mengubah pengaturan upload agar menjadi kualitas yang tinggi.

Misalnya kamu ingin membagikan hasil screenshot di Whatsapp. Agar hasil screenshot tersebut tidak blur, kamu harus mengatur kualitas upload dengan:

a. Masuk pada menu pengaturan atau setting

b. Lalu pilih bagian storage and data

c. Kemudian di bagian Photo Upload Quality, kamu akan menemukan tiga opsi yakni Auto (Recommended), Best Quality, dan Data Saver. Umumnya settingan tersebut secara otomatis adalah auto. Maka kamu dapat mengubahnya menjadi Best Quality agar hasil screenshot yang kamu bagikan tidak blur.

Baca Juga  Apakah Roblox Boros Kuota Internet Begini Tipsnya

Itulah beberapa Cara Agar Screenshot Tidak Blur Tanpa Aplikasi yang bisa dicoba. Namun yang perlu di garis bawahi adalah hasil screenshot sangat bergantung pada resolusi layar smartphone atau laptop. Semakin tinggi resolusi layar, semakin bagus pula hasil tangkapan layarnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.