cara melihat aplikasi yang sering digunakan
Pic: pixabay.com

Cara Melihat Aplikasi Yang Sering Digunakan

Diposting pada

Apakah kamu penasaran berapa lama kamu menghabiskan waktu mu di smartphone? Aplikasi apa yang sering kamu gunakan dan berapa lama kamu menggunakan aplikasi tersebut? Apakah aplikasi yang membuatmu produktif, atau malah sosial media dan game?

Untuk mengetahui berapa lama kita menggunakan smartphone kita, aplikasi apa yang paling sering digunakan dan berapa lama aplikasi itu digunakan, kita bisa menggunakan beberapa cara.
Cara yang pertama adalah dengan menggunakan fitur bawaan di smartphone kita, dan yang kedua yaitu dengan menggunakan aplikasi tambahan. Dibawah ini akan kami jelaskan cara-caranya.

Menggunakan fitur bawaaan smartphone

Beberapa smartphone memiliki menu yang bisa menampilkan waktu penggunaan smartphone kita. Berikut kami berikan beberapa contoh di beberapa smartphone

a. Vivo

Di smartphone vivo, ada yang namanya iManager.yaitu aplikasi bawaan yang didalamnya terdapat beberapa fitur, salah satunya yaitu untuk melihat waktu penggunaan smartphone. Caranya adalah sebagai berikut:

a) Masuk ke aplikasi iManager
b) Pilih Alat Utilitas dibagian bawah aplikasi
c) Cari Waktu penggunaan layar
Disana akan muncul informasi mengenai berapa lama dalam sehari kita menggunakan smartphone kita dalam kurun waktu satu minggu. Beserta rincian peraplikasinya.

b. Xiaomi

a) Masuk ke pengaturan.
b) Cari Kesehatan Digital & kontrol orang tua
c) Pilih Tampilkan data anda
Disana akan muncul waktu penggunaan smartphone kita.

c. Infinix

a) Masuk ke pengaturan
b) Scroll kebawah sampai menemukan Manajemen Aplikasi
c) Ketuk Waktu pemakaian perangkat
Disana ada ada beberapa fitur, waktu pemakaian perangkat, frekuensi dibuka, dan notifikasi diterima. Kamu juga bisa membatasi penggunaan aplikasi secara harian.

Baca Juga  Cara Membuat QR Code di Google Drive

Beberapa smartphone memiliki kesamaan dan perbedaan. Kamu bisa mencari sendiri kata yang serupa seperti “Waktu penggunaan” “Screen Time” atau kata lain di pengaturan smartphone kamu. Selain dengan cara diatas, jika smartphone kalian tidak memiliki fitur ini, kalian bisa menggunakan cara alternatif, yaitu dengan meng-install aplikasi tambahan. Beberapa aplikasi tambahan yang bisa kalian gunakan akan kami jelaskan dibawah ini.

Menggunakan aplikasi tambahan

Ada banyak aplikasi tambahan yang berguna untuk menunjukan Screen Time atau waktu penggunaan ponsel. Dengan keywoard “Screen Time”, kamu bisa menemukan banyak sekali pilihan aplikasi. Namun tidak perlu bingung ingin menggunakan yang mana. Kamu bisa meng-install aplikasi yang kami rekomendasikan dibawah ini.

a. StayFree

a) Unduh aplikasi StayFree di Play Store
b) Buka aplikasi tersebut
c) Aplikasi ini hanya bisa digunakan jika kamu berusia 18 Tahun keatas, karena itu ketika membuka aplikasi, kamu disuruh memasukkan tahun lahir kamu.
d) Setelah itu, kamu perlu menyetujui beberapa akses ke smartphone kamu, klik “Saya Setuju” untuk bisa melanjutkan.
e) Ketika di arahkan ke pengaturan smartphone, pilih aplikasi StayFree dan ijinkan akses ke rekaman penggunaan. Setelah itu, aplikasi bisa digunakan

b. Screen Time – Kontrol orang tua

a) Unduh aplikasi Screen Time di Play Store lalu buka aplikasi tersebut
b) Ketika masuk ke aplikasi, akan ada notif bar yang muncul, tekan “Terima dan Lanjutkan”
c) Seperti aplikasi sebelumnya, kamu akan diarahkan ke pengaturan. Pilih aplikasi Screen Time dan ijinkan aksesnya ke rekaman penggunaan
d) Aplikasi sudah bisa digunakan

Itu dia beberapa cara melihat aplikasi yang sering digunakan dan berapa lama aplikasi itu digunakan. Semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.