cara menonaktifkan pembelian dalam aplikasi
Pic: Pixabay

Cara Menonaktifkan Pembelian Dalam Aplikasi di Android

Diposting pada

Cara Menjeda, Membatalkan, dan Menonaktifkan Langganan Aplikasi/Games di Android – Pernahkah kalian melakukan sebuah pembelian di dalam aplikasi? Baik itu game, aplikasi musik, video atau aplikasi lainnya. Pembelian dalam aplikasi bisa bertipe sekali beli, dan berlangganan. Ketika kalian berlangganan, pembayarannya akan dilakukan otomatis setiap bulan, atau ketika langganan kalian habis dan memotong saldo kalian meski tidak kalian setujui.

Terkadang, karena kecerobohan, kita tidak ingat ada aplikasi yang masih berlangganan, padahal sudah tidak diperlukan. Saldo pun terpotong tanpa kita sadari. Saldo yang terpotong tanpa kalian sadari tentunya sangat menjengkelkan, bukan? Karena itu kalian harus menonaktifkan langganan aplikasi supaya kejadian seperti itu tidak terjadi lagi. Selain itu, tahukah bahwa kalian bisa menjeda, dan membatalkan langganan yang tidak disengaja? Simak sampai habis karena kami akan berikan tutorialnya.

Cara menonaktifkan pembelian dalam aplikasi

Ada 2 cara untuk memberhentikan langganan aplikasi. Cara yang pertama yaitu melalui aplikasi yang kita beli langganannya. Meskipun aplikasi yang ada begitu beragam, cara memberhentikan langganan di aplikasi biasanya tidak jauh beda. Kita hanya perlu masuk ke menu langganan / subscribe dan memilih pilihan berhenti berlangganan.

Cara yang kedua yaitu melalui Google Play.

Langkah langkahnya adalah sebagai berikut;

a. Masuk ke Play Store
b. Tekan ikon profil google anda yang ada di pojok kanan atas.
c. Tekan Pembayaran & langganan
d. Pilih Langganan
e. Pilih aplikasi yang ingin dinonaktifkan langganannya
f. Ketuk Batalkan Langganan dan ikuti petunjuk yang akan muncul.

Baca Juga  Apa Manfaat Penemuan Internet Bagi Kehidupan Sosial

Perlu diperhatikan, ketika kamu ingin memberhentikan langganan, kamu harus melakukan cara yang telah dijelaskan di atas atau melalui aplikasinya langsung. Menghapus aplikasi di perangkat kamu tidak akan memberhentikan langganan.

Ketika kamu memberhentikan langganan, kamu masih bisa menggunakan aplikasi premiumnya sampai akhir periode yang sudah dibayar.

Cara menjeda langganan

Jika kalian ingin berhenti berlangganan hanya untuk beberapa waktu saja, menjeda langganan tentu opsi yang terbaik. Kalian bisa memberhentikan langganan kalian sementara dan akan dilanjutkan otomatis sesuai waktu yang telah kalian tentukan di awal.

Langkah langkahnya adalah sebagai berikut;

a. Ikuti langkah memberhentikan langganan di atas sampai di tahap Pembayaran & langganan > langganan
b. Pilih aplikasi yang ingin kalian jeda langganannya
c. Ketuk Kelola, lalu pilih Jeda Pembayaran
d. Kalian bisa menetapkan jangka waktu jeda sesuai yang kalian inginkan
e. Ketuk Konfirmasi

Dengan begitu, langganan kalian telah terjeda. Jika kalian ingin berlangganan lebih awal, kalian bisa kembali ke menu Pembayaran & Langganan > Langganan. Lalu ketuk Berlangganan lagi dan ikuti petunjuk yang muncul.

Cara membatalkan langganan yang tidak disengaja

Jika kita tidak sengaja membeli sebuah langganan aplikasi. Kita bisa mengajukan refund ke google. Lalu Google bisa mengembalikan uang kita selama pembelian yang dilakukan kurang dari 48 jam. Untuk mengembalikan jenis pembelian seperti aplikasi, buku, dan film bisa menggunakan cara ini. Yang perlu kalian lakukan hanya masuk ke link ini https://support.google.com/googleplay?p=refundAWF. Nantinya kalian akan diminta konfirmasi akun gmail. Selanjutnya kalian hanya perlu mengikuti petunjuk yang tersedia disana.

Perlu kalian ketahui, tidak semua pembelian bisa di refund. ada beberapa syarat dan ketentuan yang perlu kalian perhatikan. Kalian juga bisa menghubungi developer untuk mendiskusikan terkait hal ini.

Baca Juga  Cara Membuat QR Code di Google Drive

Itu dia cara menonaktifkan pembelian dalam aplikasi. Semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.