Perbedaan Aspal Hotmix Dan Aspal Biasa
Pic: Pixabay

Mengenal Perbedaan Aspal Hotmix Dan Aspal Biasa

Diposting pada

Perbedaan Aspal Hotmix Dan Aspal Biasa – Sudah tidak asing lagi, semua orang yang membaca artikel ini pasti sudah tahu aspal. Kapan aspal ditemukan? Tidak ada data pasti tentang hal ini, namun menurut beberapa data aspal diperkirakan ada pada zaman prasejarah, jauh sebelum 3000 SM.

Menariknya, Aspal ditemukan oleh John Metcalf, Jhon Loudon McAdam. Saat itu, penemuan dilakukan pada abad 18 ,lalu mengapa aspal berwarna hitam? Warna hitam pada aspal dikarenakan suhu pada jalan 20 derajat lebih tinggi dari suhu udara di sekitarnya. Menariknya, warna hitam merupakan warna yang bisa menyerap panas.

Perlu diketahui, aspal merupakan sebuah zat padat atau setengah padat yang dihasilkan dari minyak bumi, hal tersebut bisa terjadi karena suhu pembakaran yang tinggi. Umumnya aspal digunakan sebagai bahan pelapis konstruksi jalan.

Pada pembahasan kali ini, kami akan memberikan penjelasan mengenai aspal. Selain itu, kami juga akan memberikan hal menarik tentang perbedaan aspal hotmix dan aspal biasa. Jika Anda penasaran, mari ikuti pembahasan ini sampai habis!.
Pengertian Aspal

Aspal atau bisa disebut juga dengan bitumen dibuat dengan bahan hidrokarbon yang bersifat melekat, aspal juga memiliki warna hitam berkilau atau resin yang bersinar, selain itu aspal dapat bertahan dari berbagai kondisi iklim seperti sinar, air, dan viskoelastis.

Dilansir dari wikipedia, aspal atau bitumen adalah suatu cairan kental yang merupakan senyawa hidrokarbon dengan sedikit mengandung sulfur, oksigen, dan klor. Selain itu, aspal juga merupakan bahan pengikat dalam perkerasan lentur mempunyai sifat viskoelastis.

Umumnya kita melihat aspal yang memiliki tekstur tampak pada, namun menariknya aspal dibuat dengan cairan yang sangat kental. Selain itu, aspal merupakan bahan yang kompleks, dan secara kimia belum dikarakterisasi dengan baik, kandungan utama pada aspal itu sendiri yaitu senyawa karbon jenuh, dan tidak jenuh.

Pengertian Aspal Menurut Para Ahli

Aspal adalah material yang pada temperatur ruang berbentuk padat sampai agak padat, dan bersifat termoplastis. Jadi, aspal akan mencair jika dipanaskan sampai temperatur tertentu, dan kembali membeku jika temperatur turun. Bersama dengan agregat,aspal merupakan material pembentuk campuran perkerasan jalan. (Sukirman,S., 2003).

Baca Juga  Apa Manfaat Penemuan Internet Bagi Kehidupan Sosial

Aspal terbuat dari minyak mentah, melalui proses penyulingan atau dapat ditemukan dalam kandungan alam sebagai bagian dari komponen alam yang ditemukan bersama sama material lain. Aspal dapat pula diartikan sebagai bahan pengikat pada campuran beraspal yang terbentuk dari senyawa-senyawa komplek seperti Asphaltenes, Resins dan Oils. Aspal mempunyai sifat viscoelastic dan tergantung dari waktu pembebanan. ( The Blue Book–Building & Construction, 2009)

Aspal adalah suatu bahan bentuk padat atau setengah padat berwarna hitam sampai coklat gelap, bersifat perekat (cementitious) yang akan melembek dan meleleh bila dipanasi. Aspal tersusun terutama dari sebagian besar bitumen yang kesemuanya terdapat dalam bentuk padat atau setengah padat dari alam atau hasil pemurnian minyak bumi, atau merupakan campuran dari bahan bitumen dengan minyak bumi atau derivatnya (ASTM, 1994).

Jenis-Jenis Aspal

Kami telah merangkum beberapa jenis aspal yang sering digunakan, berikut penjelasannya:

Aspal Alam

Seperti namanya, aspal alam merupakan aspal yang terbuat dari alam, umumnya aspal jenis ini tidak melewati berbagai proses pengolahan seperti pada aspal biasa. Biasanya, aspal ini dapat dibedakan karena berbentuk batuan yang bisa diperoleh dari Pular Buton, Sulawesi Tenggara.

Perlu diketahui, aspal alam memiliki sifat plastis Anda bisa menemukannya di Danau Pitch, Republik Trinidad. Sedangkan aspal yang memiliki wujud Anda bisa menemukannya di sekitar perairan segitiga Bermuda.

Tak hanya itu, menarik aspal yang berada di segitiga Bermuda merupakan aspal murni, sedangkan di Pulau Buton dan Danau pitch itu adalah aspal yang bercampur dengan mineral dan lainnya.

Aspal Buatan

Aspal buatan merupakan aspal yang dibuat dari bahan minyak bumi lalu diproses dengan berbagai metode yang sangat rumit. Proses pembuatan aspal bisa dilakukan pada 1 industri khusus pembuatan aspal.

Baca Juga  Punya Anak Menjamin Kebahagiaan? Ketahui Faktanya

Perbedaan Aspal Hotmix Dan Aspal Biasa

Tidak ada perbedaan yang mendasar antara jenis kedua aspal tersebut, namun aspal hotmix didefinisikan sebagai jenis aspal yang terbuat dari berbagai bahan campuran. Bahan-bahan tersebut terdiri agregat kasar, agregat halus, dan juga filter atau bahan pengisi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *