Perbedaan Kolom Dan Balok
Pic: Pixabay

Perbedaan Kolom Dan Balok Dalam Sebuah Bangunan

Diposting pada

Apakah Anda sudah mengetahui bahwa kolom dan balok merupakan salah satu komponen struktur utama yang memiliki fungsi untuk menopang seluruh beban-beban yang ada pada suatu struktur gedung, keduanya memiliki fungsi yang berbeda-beda.

Perlu perhitungan yang sangat matang untuk menentukan sebuah struktur beton pada bangunan, dalam hal ini kolom memiliki peranan yang sangat penting karena berguna sebagai penyangga beban aksial tekan vertikal dengan bagian tinggi yang tidak ditopang paling tiga kali dimensi lateral terkecil.

Jika Anda berniat membangun rumah dengan 2 lantai, hal pertama yang harus diketahui yaitu menentukan kolomnya. Dilansir dari beberapa sumber, umumnya dimensi pada kolom utama untuk rumah 2 lantai membutuhkan ukuran 20/20, dengan tulangan pokok 8d12mm, dan besi begel d 8-10cm.

Dengan mengetahui berbagai penjelasan diatas, sekarang kamu sudah mendapat gambaran jelas mengenai balok dan kolom.

Pengertian Kolom

Sesuai dengan SK SNI T-15-1991-03 mengenai tata cara perhitungan struktur beton yang diperuntukan untuk bangunan gedung, menurut beberapa sumber kolom dapat diartikan sebagai sebuah komponen struktur bangunan memiliki fungsi sangat penting karena sebagai penyangga beban.

Dilansir dari KBBI kolom memiliki arti adalah tiang penyangga yang umumnya dibuat dari beton bertulang besi. Namun, menurut Sudarmoko (1996), kolom merupakan suatu struktur tekanan yang memegang peranan penting dari sebuah bangunan, dengan hal tersebut keruntuhan pada kolom merupakan sebuah permasalahan kritis yang nantinya akan menyebabkan runtuhnya lantai serta bangunan.

Komponen yang terdapat pada kolom biasanya terbuat dari besi dan beton. Dengan menggunakan bahan tersebut yang memiliki sifat gabungan yang cukup baik antara besi yang memiliki material tahan terhadap tarikan, dan beton merupakan material yang tahan tekanan.

Baca Juga  Jangan Menunda membeli Properti, Bisa bisa kamu Tidak Memiliki Rumah Karena Gaya hidup yang Berlebihan !

Pengertian Balok

Perlu diketahui balok memiliki banyak sekali jenisnya antara lain seperti balok sederhana, balok teritisan, balok kontinu atau balok menerus, balok kantilever, dan balok dengan ujung tetap, beberapa jenis tersebut memiliki bentuk yang berbeda.

Dilansir dari wikipedia balok dibuat umumnya menggunakan kayu yang memiliki bentuk seperti persegi. Namun, balok juga dapat dibuat dengan logam, batu, atau beberapa kombinasi dari bahan-bahan tersebut.

Selain itu, balok juga diartikan sebagai salah satu elemen struktur dengan memiliki fungsi untuk menyalurkan beban pada kolom. Nmaun, balok juga merupakan bagian dari struktur inti bangunana selkain kolom dan pondasi, dengan adanya hal tersebut pengecoran harus dilakukan dengan sangat baik.

Perbedaan Kolom Dan Balok

Dengan mengetahui pengertian dari kolom dan balok seharusnya Anda sudah mengetahui bahwa kedua komponen tersebut memiliki peran yang hampir sama yaitu menopan semua beban yang ada pada suatu struktur gedung, umumnya balok difungsikan untuk rangka penguat horizontal dan kolom biasanya difungsikan untuk menyangga sebuah beban aksial tekan vertikal.

Selain dua komponen tersebut, ada juga komponen yang penting lainnya seperti sloof gantung, sloof gantung dapat diartikan sebagai sebuah teknik pondasi yang tidak bertumpu pada sebuah pondasi namun langsung bertumpu pada sebuah kolom.

Seberapa penting kolom dan balok pada sebuah bangunan? seperti yang sudah saya jelaskan diatas, bahwa keduanya sangat penting untuk ada pada sebuah bangunan. Hal tersebut, bisa kamu ketahui melalui pengertian diatas yang sudah dibagikan. Jadi, perbedaan antara balok dan kolom sangat jelas karena keduanya memiliki fungsi yang berbeda, tak hanya itu bentuk kolom dan balok juga tidak sama.

Baca Juga  Kamar Tidur Ala Korea dan Penambahan Karpet

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.